Tertarik Trading Saham Online? Perhatikan Dulu 5 Tips Ini
Tertarik Trading Saham Online? Perhatikan Dulu 5 Tips Ini

Tertarik Trading Saham Online? Perhatikan Dulu 5 Tips Ini

671 views

Investasi saham kini lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Misalnya dengan menggunakan aplikasi most dari Mandiri Sekuritas. Dana yang Anda butuhkan untuk perdagangan saham online tidak harus besar. Sedangkan keuntungannya cukup menggiurkan.

Namun, untuk mendapatkan keuntungan dari saham, tentu saja Anda harus rajin mencari informasi terbaru. Apalagi jika Anda melihat risiko yang cukup besar dari investasi ini. Sebagai pemula, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal berikut sebelum mulai berinvestasi.

Aplikasi penelitian dan surat berharga perusahaan yang dijamin legalitasnya

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi di saham, maka saat itulah Anda menentukan aplikasi dan perusahaan sekuritas mana yang harus dipilih sebagai tempat untuk berinvestasi. Agar menguntungkan, tentunya perusahaan efek yang Anda pilih harus memiliki track record yang baik, terdaftar sebagai anggota bei, dan memiliki lisensi OJK. Sama halnya dengan aplikasi investasi. Lebih baik dan lebih aman menggunakan aplikasi dari Perusahaan Sekuritas tepercaya.

Nah, jika Anda seorang pemula, sangat cocok untuk menggunakan aplikasi investasi saham dan perdagangan online tepercaya yang mudah dan mudah diakses. Misalnya, Mandiri Online Securities Trading (MOST), platform investasi yang tersedia di desktop dan mobile, secara khusus menyediakan layanan transaksi investasi untuk tiga instrumen, yaitu saham, obligasi, dan reksa dana. Seluruh proses pendaftaran dapat dilakukan secara digital, tanpa perlu mengirim dokumen atau datang ke kantor cabang.

Siapkan Modal Investasi Dari Dana Yang Tidak Terpakai

Tertarik Trading Saham Online? Perhatikan Dulu 5 Tips Ini
Tertarik Trading Saham Online? Perhatikan Dulu 5 Tips Ini

Saat berinvestasi, tentu saja Anda membutuhkan modal. Ketika Anda berinvestasi, itu berarti Anda membeli saham perusahaan, sehingga menjadi bagian dari pemilik perusahaan. Unit pembelian saham adalah lot. Satu lot sama dengan seratus saham. Jika harga satu saham perusahaan A adalah Rp2.000, maka jika modal Anda Rp5 Juta, itu berarti Anda akan mendapatkan 25 lot saham.

Namun, Anda dapat menyesuaikan modal pembelian saham Anda sendiri sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan terlalu memaksa, harus berutang atau menggunakan uang yang digunakan untuk menghabiskan kebutuhan sehari-hari. Cukup gunakan dana yang ada dari sisa anggaran yang tidak terpakai. Jangan pernah menggunakan uang “panas” karena investasi tidak selalu menguntungkan.

Baca Juga: ketahui perbedaan antara investasi saham dan perdagangan saham

Buka akun saham

Untuk dapat mulai berinvestasi di saham, anda diharuskan memiliki akun saham atau sekuritas. Nantinya, akun ini digunakan sebagai tempat untuk menampung modal investasi serta keuntungan yang anda dapatkan. Membuat akun saham itu mudah, sungguh. Jika Anda menggunakan sebagian besar aplikasi, pembuatan akun dan pendaftaran investor dapat dilakukan secara online penuh. Cukup buka aplikasi, isi data diri, unggah foto selfie, unggah foto e-KTP, NPWP, passbook, dan foto diri dengan E-KTP. Membuka akun juga lebih mudah dengan dukungan teknologi tanda tangan digital.

Memahami transaksi jual beli saham

Membeli dan menjual saham tidak semudah menjual dan membeli pada waktu yang Anda inginkan. Ada beberapa pertimbangan yang harus dihitung untung dan rugi agar investasi saham Anda benar-benar mendatangkan keuntungan. Ketika Anda ingin membeli saham, pertama-tama perhatikan fluktuasi pergerakan IHSG karena faktor internal dan eksternal, kinerja, profil dan tingkat likuiditas perusahaan, penjualan, dan tren pasar.

Sementara jika Anda ingin menjual saham, Anda harus menemukan waktu terbaik. Misalnya, ketika harga saham berada di puncak atau biasa disebut profit taking. Namun, ada juga momen krusial yang mengharuskan Anda untuk segera menjual saham dengan cut loss atau meminimalisir kerugian, yaitu saat harga saham cenderung menurun.

Lihat tren pergerakan harga saham

Sebagai investor saham, Anda harus memahami keadaan pasar. Tidak hanya untuk membeli, tetapi juga untuk menjual. Sebab, pergerakan sekuritas saham sangat tidak terduga, bisa berubah dalam hitungan menit, bahkan detik. Anda harus selalu menghabiskan waktu perdagangan saham online, setidaknya 15-30 menit per sesi. Ketika terjadi perubahan tren, anda bisa langsung memutuskan untuk membeli saham baru atau menjual saham lama karena sudah mencapai target, atau juga untuk menghindari kerugian.

Investasi saham sekarang mudah. Apalagi dengan aplikasi terbanyak dari Mandiri Sekuritas, sebagai platform yang mengakomodasi kebutuhan investor untuk berinvestasi saham. Tapi sebagai pemula, lebih baik untuk belajar dan menguasai trik dan tips dari perdagangan saham online sebelum melompat langsung ke pasar saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published.